Selasa, 20 Maret 2012

Sistem Perekonomian

Sebelum kita membahas perekonomian Indonesia, tidak salahnya kita mengetahui sistem perekonomian itu apa ?? bentuknya bagaimana ??
 
Okey. Saya akan jelaskan,  Sistem Perekonomian itu adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara yang bertujan untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Walaupun memiliki perbedaan yang digunakan oleh individu maupun organisasi dalam sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya, tetapi itu semua tergantung bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem tersebut.
Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut, diantara lainnya mengatur produksi dan alokasi.
  1. 1.      Perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi.
  1. 2.      perekonomian pasar (market economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.
  1. 3.      Perekonomian campuran (mixed economic), pemerintah yang memperbolehkan individu atau organisasi membawa sistem yang dianutnya untuk membuka/menteapkan di pasar, walupun pemerintah membatasnya juga.

Sistem ekonomi juga dapat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu :

1.   Sistem Ekonomi Tradisional
      Sistem ekonomi tradisional merupakan sistem ekonomi yang diterapkan oleh masyarakat tradisional secara turun temurun dengan hanya mengandalkan alam dan tenaga kerja. Ciri dari sistem ekonomi tradisional adalah :
Teknik produksi dipelajari secara turun temurun dan bersifat sederhana, Hanya sedikit menggunakan modal Pertukaran dilakukan dengan sistem barter (barang dengan barang), Belum mengenal pembagian kerja Masih terikat tradisi Tanah sebagai tumpuan kegiatan produksi dan sumber kemakmuran.
2.   Sistem Ekonomi Pasar (Liberal/Bebas)
Sistem ekonomi pasar adalah suatu sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi dan konsumsi diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar. Sistem ini sesuai dengan ajaran dari Adam Smith, dalam bukunya An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nations. Ciri dari sistem ekonomi pasar adalah :
Setiap orang bebas memiliki barang, termasuk barang modal, Setiap orang bebas menggunakan barang dan jasa yang dimilikinya, Aktivitas ekonomi ditujukan untuk memperoleh laba, Semua aktivitas ekonomi dilaksanakan oleh masyarakat (Swasta), Pemerintah tidak melakukan intervensi dalam pasar, Persaingan dilakukan secara bebas
Peranan modal sangat vital.
3.   Sistem Ekonomi Komando (Terpusat)
      Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian. Pada sistem ini pemerintah menentukan barang dan jasa apa yang akan diproduksi, dengan cara atau metode bagaimana barang tersebut diproduksi, serta untuk siapa barang tersebut diproduksi. Ciri dari sistem ekonomi pasar adalah :
Semua alat dan sumber-sumber daya dikuasai pemerintah, Hak milik perorangan tidak diakui, Tidak ada individu atau kelompok yang dapat berusaha dengan bebas dalam kegiatan perekonomian, Kebijakan perekonomian diatur sepenuhnya oleh pemerintah .
4.   Sistem Ekonomi Campuran
Sistem ekonomi campuran merupakan dari sistem ekonomi pasar dan terpusat, dimana pemerintah dan swasta saling berinteraksi dalam memecahkan masalah ekonomi. Ciri dari sistem ekonomi campuran adalah :
Merupakan gabungan dari sistem ekonomi pasar dan terpusat, Barang modal dan sumber daya yang vital dikuasai oleh pemerintah, Pemerintah dapat melakukan intervensi dengan membuat peraturan, menetapkan kebijakan fiskal, moneter, membantu dan mengawasi kegiatan swasta. Peran pemerintah dan sektor swasta berimbang, Penerapan sistem ekonomi campuran akan mengurangi berbagai kelemahan dari sistem ekonomi pasar dan komando dan ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Reference :
id.wikipedia.org/wiki/Sistem_perekonomian, http://ana-ekonomi.blogspot.com/2010/07/macam-macam-sistem-ekonomi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar